Ulasan Dari Konsep Panduan

Ulasan Dari Konsep Panduan

Pada artikel kali ini, akan membahas mengenai beraneka variasi tutorial termasuk penjelasan mengenai Tutorial itu sendiri. Dimana tutorial yakni bantuan dalam nasihat belajar yang sifatnya untuk akademik dari seorang tutor terhadap para mahasiswa atau pelajar dalam membantu pengerjaan belajar secara mandiri demi kelancaran para mahasiswa baik secara perorangan ataupun secara kelompok yang terkait dengan materi perkuliahan.

 

Kegiatan Tutorial ini bisa dilakukan dengan cara tatap muka secara lantas antara tutor dengan mahasiswa atau dengan sistem jarak jauh menurut dengan konsep belajar mandiri. Meskipun konsep belajar mandiri ini sendiri dalam pengertian tutorial memiliki arti bahwa panduan adalah bantuan belajar yang didasarkan pada upaya untuk memicu dan juga mengasah para mahasiswa dalam kemandirian, inisiatif dan disiplin untuk belajar dengan metode meminimalisasi intervensi yang berasal dari pihak tutor atau pembelajar.

 

Bermacam-macam tipe tutorial dengan prinsip pokok dari tutorial adalah kemandirian dari para mahasiswa itu sendiri. Hak ini karena jika panduan tidak ada karenanya kemandirian juga tak ada. Apabila mahasiswa itu tidak belajar dari rumah sendiri dan mereka datang ke tutorial tanpa membawa materi sebelumnya atau dengan kepala kosong karenanya nantinya akan menjadi sebuah perkuliahan yang biasa dan bukan termasuk dari kesibukan panduan.

 

Karenanya dengan demikian bahwa panduan ini secara konseptual dapat dibedakan menjadi sebuah lecturing atau kuliah biasa yang berlaku di universitas atau perguruan tinggi dengan cara tatap muka dimana dalam hal ini peran dari dosen sangatlah besar. http://www.sejukmenyejukan.com peran utama dari tutor dalam panduan yaitu sebagai pemicu dan pemacu untuk kemandirian belajar dari para mahasiswa dalam berpikir dan mengobrol.

 

Seorang pembimbing atau fasilitatie atau mediator bagi seorang mahasiswa dalam membangun poin, sikap pengetahuan dan ketrampilan akademiknya secara profesional dan mandiri serta dalam menghadapi dan memecahkan problem-dilema yang terjadi dalam kegiatan belajar mandirinya.

 

Tutor akan memberikan panduan dan tuntunan kepada mahasiswa agar bisa secara mandiri memahami bermacam materi perkuliahan, serta bisa memberikan umpan balik untuk para mahasiswa dengan cara tatap muka dan bisa melalui alat komunikasi, serta dapat memberikan nasehat dan dukungan termasuk dalam hal menyemangati serta membantu para mahasiswa dalam mengembangkan ketrampilan dalam belajarnya.

 

Agar kesibukan tutorial tersebut tidak terjebak ke dalam keadaan seperti perkuliahan biasa maka seharusnya menggunakan konsep bermacam jenis panduan seperti membina kekerabatan yang bersetara, yang sanggup memainkan masing-masing perannya sehingga tutorial tersebut dapat berjalan dengan efektif. Selain itu tutor malah harus menyiapkan pertanyaan-pertanyaan yang berfungsi untuk membangkitkan ketertarikan dari para mahasiswa mengenai materi yang dibahas. Kemudian sepatutnya dapat menguji pemahaman mahasiswa terhadap sebuah materi pembelajaran. Serta bisa memancing para mahasiswa untuk berpartisipasi aktif di dalam kesibukan tutorial ini.

 

Copyright © 2014 Progetto arte.. Tutti i diritti riservati. Sito realizzato da PixService.it Foto di Antoniopaolicelli.com